• Posted by : Ilham Syahidatul R May 13, 2012

    Keringat berlebih merupakan salah satu tanda pada penderita yang mengalami serangan jantung (heart attack) tetapi tanda ini tidak khas. Telapak tangan yang berkeringat berlebih menunjukan tanda seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak napas, dan stress. oleh karena itu bagi yang mengalami telapak tangan dan kaki berkeringat berlebih wajib waspada dan mengenali tanda-tanda penyakit yang menyerang kita. jika ada tanda tersebut sangat baik cek laboratorium dan berkunsultasi pada dokter spesialis.
    Menurut para ahli, Keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki disebabkan aktivitas kelenjar keringat di daerah tersebut yang dipengaruhi oleh sistim saraf simpatis. Hal ini bukan saja disebabkan oleh gejala menderita penyakit tertentu tetapi juga bisa karena gejala penyakit hipertiroid / hipertiroidism (kelenjar gondok membesar). hipertiroid yaitu suatu keadaan akibat peningkatan kadar hormon tiroid bebas dalam darah. Maka harus diwaspadai dari gejala keringat yang keluar berlebih pada telapak tangan dan telapak kaki adalah penyakit hipertiroid.
    Gejala penyakit hipertiroid selain gejala keringat berlebih pada telapak tangan dan telapak kaki juga ada tanda-tanda lain. tanda tanda itu yaitu : tremor halus/gemetaran, suara parau (serah-serak basah kayak biduan), sering lapar, eksopthalmus (bola mata besar dan menonjol), rasa gerah/panas di dalam badan , dan badan bertambah kurus.
    Selain hipertiroid (kelenjar gondok membesar), beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan yaitu hiperhidrosis, demam infeksi, cemas/stress, takut, emosi, penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas,menopause, kanker, kegemukan, gangguan pada jantung atau lambung, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, gangguan penyerapan air oleh ginjal, dan putus obat.
    4 Tips Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat :

    1. Pahami penyebabnya.
    Hal pertama untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat adalah memahami penyebab awalnya. Hampir semua orang pernah mengalami telapak tangan yang berkeringat.
    Tetapi, biasanya telapak tangan berkeringat hanya merupakan kondisi sementara yang disebabkan oleh stres atau kecemasan.
    Misalnya saja, jika seseorang sedang ujian telapak tangannya akan berkeringat saat dia tidak bisa menjawab soal-soal ujian tersebut.
    Tapi, ada pula orang yang setiap harinya mengalami masalah ini dan tidak bisa mengendalikannya.
    Hal ini terjadi karena sistem saraf tidak sadar tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat.

    2. Carilah solusi dari penyebab yang paling jelas.
    Apakah Anda kelebihan berat badan? Orang yang kelebihan berat badan memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah telapak tangan berkeringat.
    Berat badan berlebih mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan keringat berlebihan.
    jika berat badan Anda turun mungkin jumlah keringat yang keluar pun akan berkurang.
    Solusi sederhana lain adalah dengan menggunakan medicated powder atau bedak tabur yang disimpan dalam wadah kecil di saku atau tas.
    Tapi, Anda harus menggunakannya sedikit demi sedikit karena bisa menggumpal di tangan dan bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.

    3. Bawalah sapu tangan di saku Anda.
    Membawa sapu tangan di saku akan memudahkan untuk mengeringkan keringat di telapak tangan.
    Hal lain yang bisa Anda gunakan adalah produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering.
    Banyak atlet yang menggunakan produk yang disebut Tite-Grip untuk menjaga tangan mereka tetap kering saat bermain bowling, golf, tenis, angkat besi, dan olahraga lainnya yang memerlukan telapak tangan tetap kering.

    4. Melakukan operasi thoracoscopic sympathectomy.
    Terakhir, Anda harus memahami bahwa metode apapun yang Anda pilih untuk menjaga agar telapak tangan tidak berkeringat hanyalah sementara saja.
    Satu-satunya cara penyembuhan secara permanen adalah dengan melakukan operasi.
    Secara teknis masalah untuk telapak tangan yang berkeringat disebut dengan hyperhirosis dan operasi untuk mengatasinya disebut thoracoscopic sympathectomy.
    Seseorang bisa melakukan operasi tersebut tanpa harus dirawat inap di rumah sakit dan tingkat keberhasilannya sekitar 98%

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Blog Idat Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan